Senin, 13 Mei 2013

CINTA DI UJUNG PELABUHAN


Salah Satu Nominasi Script Kelompok 1, yang akhirnya gagal terpilih karena agak irasional dan terlalu FTV 
Cerita ini hanya fiktif belaka, maaf jika ada kesamaan tokoh, alur, dan nasib

Cast
Mas-mas sugeh            : Arvi Nabiel
Mbak-mbak cantik       : Safira Chaerunisa
Bapak kuli                    : Fajar Hadiyanto
Ibu Safira/ isteri kuli      : Inas Nadia
Ibu tiri Arvi                   : Anindya Ayu
Temennya Arvi             : Pingkan Ellotama
Kuli Pelabuhan             : Muhammad Taufik     
Penyihir kece                : Nisa Ayunda              
Ibu-ibu warteg              : Fera Wahyu
Ibu-ibu pelabuhan         : Sabila Adhaida

Scene 1
Safira    : Ibu, Safira berangkat dulu. Assalamu'alaikum (mencium tangan ibu)
Inas      : Wa'alaikumsalam nak. Hati-hati
Safira mulai menunggangi kuda kesayangannya (baca: sepeda) dengan riang menuju pelabuhan unyuk mengantar bekal makan siang bapaknya yang bekerja sebagai kuli pelabuhan.

Scene 2
Safira sampai di pelabuhan, memarkirkan sepedanya dan mulai menuju tempat istirahat bapaknya. Tetapi di tengah jalan tanpa sengaja ia bertabrakan dengan seorang pemuda kaya dan kece anak seorang pengusaha yang akan mengirim barang produksi perusahaan ke singapur melalui pelbuhan, hingga rantang makan siang bapaknya terbang dan makanannya tumpah semua. (Mubadzir joohhn...)
Mulut orang-orang di sekitar TKP termasuk Arvi dan Safira mengaga dan mata membelalak kaget saat rantang makanan terbang hingga mendarat. Glonthaaang....
Arvi       : emmm, I'm sorry dori mori strowberry mbak. Maaf saya tadi meleng jadi nabrak mbak. (mungutin rantang)
Safira    : Iya gapapa. saya juga tadi buru-buru jadi g liat masnya. (mungutin rantang juga)
Arvi       : Ini makanannya gimana? Saya ganti deh
Safira    : nggak usah mas. gapapa kok. saya pergi dulu. permisi
Arvi       : Eh mbak mabak tunggu. (Dalam hati Arvi :asemik mbake ayu banget, jenenge sopo ya?)

Scene 3
Safira    : Kasian bapak, sebaiknya aku beli makanan di warteg situ saja deh buat bapak (masuk ke warteg)
Fera      : Mau beli apa mbak?
Safira    : Ibu beli nasi bungkus sama es tehnya 1 bu, dibungkus aja.

Scene 4
2 menit kemudian..
Fera      : Ini mbak
Safira    : Berapa bu?
Fera      : 6500 mbak
Safira    : ini bu (duitnya gopekan semua)

Scene 5
Safira    : Bapak maaf makananya jatuh, jadi tumpah semua. Ini safira beliin nasi bungkus sama es          teh
Fajar     : Gapapa nak. Bapak makan ya. Bismillahirohmanirrohim..
Safira    : (senyum) bapak semangat ya. Safi pulang dulu mau bantuin ibu, assalamualaikum
Fajar     : Wa'alaikumsalam

Scene 6
Taufik datang menghampiri Fajar yang sedang makan
Taufik   : Seneng ya punya anak rajin berbakti.
Fajar     : Alhamdulillah. Anak kamu kan juga perempuan
Taufik   : iya, tapi si Titania kan di Arab jadi TKW. Udah 3x puasa, 3x lebaran gak pulag-pulang
Fajar     : oh iya ding

Scene 7
Di bagian lain di pelabuhan
Pingkan  : Dari mana aja sih vi?
Arvi       : Dari situ tu bentar.
Pingkan  : Udah kelar kan ni kerjaan? Kapalnya juga udah berangkat. Pulang yuk.
Arvi       : Ayok

Scene 8
Di mobil saat perjalanan pulang
Pingkan  : Km kenapa sih senyum2 sendiri
Arvi       : Tadi aku gak sengaja tabrakan sama princess aurora ping. cuantek
Pingkan  : Km tu udah gede, masih aja ngayal tentang princess aurora.
Arvi       : Serius. Ini princess nya manusia beneran. catik banget. Kayaknya aku love at first sight deh
Pingkan  : Sinetron banget sih. (muka berubah kusut dan asem gara2 jeles). udah samoe nih. thank's ya udh diaterin
Arvi       : yoooms

Scene 9
Di ruang tamu, si mami tiri sedang membaca majalah. Arvi menghampiri
Arvi       : Hai mam
Anin       : Hai sayang. Gimana kerjaan ?
Arvi       : Lancar mam. Tadi aku sendiri yang mantau. Sama Pingkan juga.
Anin       : Oh ya tadi papi telfon dari Sydney. Papi tanya, kenapa km g tunangan2 sam pingkan?
Arvi       :Apaan sih, orang aku ama pingkan cuma sahabatan doang. Besok yang ngurusin         pengiriman                barang ke lampung aku aja ya mi.
Anin     : tumben banget
Arvi       : (senyum sambil ngeloyor pergi)

Scene 10
Keesokan Harinya siang hari di Pelabuhan
Arvi    : Panas banget aarrgh. Mana si princess aurora g ada lewat. Bapak tolong agak cepet ya ngangkutnya.
Taufik     : Iya pak, maaf
Arvi         : Eh ping, tolong hendel dulu ya. aku mau ketemu ama petugas pelabuhannya bentar.
Pingkan    : Iya

Scene 11
Setengah jam kemudian, setelah bertemu dengan petugas pelabuhan
Arvi       : Dasar Pelabuhan Indonesia, selalu aja geraknya lambat. Eh mbak-mbak tunggu
Safira    : Masnya yangkemren? Ada apa mas?
Arvi       : Maaf ya masalah kemaren. Emmm kenalin saya Arvi (ngulurin tangan)
Safira    : Safira (salaman). Maaf mas, saya harus nganter makanan untuk bapak saya.
Arvi       : oh iya

Scene 12
Arvi       : Ping, Princess aurora ternyata namanya Safira
Pngkan : Udah kenalan? Selamat ya (bete, muka asem&jutek sambil ngeloyor pergi)
Arvi       : kok pergi sih? mau kemana? aku belum selese cerita (agak teriak)
Pingkan  : Pipis. Mau ikut apa?? (nadasengak)
Arvi       : (muka bingung& cengok)

Scene 13
Arvi       : Mami, mulai besok aku ngurusin barang yang mau dikirim di pelabuhan aja.
Anin       : Dulu g mau, katanya panas.
Arvi       : sekarang aku mau kok. da mami aku pergi dulu

Scene 14
Hari-hari berikutnya Arvi dan Safira selalu bertemu di pelabuhan. Dan ngobrol-ngobrol setelah Safira mengantarkan bekal makan siang untuk bapaknya tercinta. Benih-benih cinta mulai tumbuh di hati Safira, dan semakin bersemi di hati Arvi yang memang sudah jatuh cinta sejak pandangan pertama. Mereka berdua mulai sering jalan keluar bareng. Si Arvi menjemput Safira di rumahnya, tetapi hanya bertemu ibunya saja. Tidak pernah bertemu dengan bapaknya Safira.

Scene 15
Perjalanan cinta Safira dan Arvi berjalan dengan Indah. Hingga suatu hari... jeng jenge jeng...
Gedubrakkk!!!
Arvi       : Aduh Bapak bisa kerja gak sih? Ngangkut kayak gini jatuh. Barangnya jadi penyok-penyok nih. Klo ada yang rusak gimana?
Fajar     : Maaf pak. Saya sedang gak enak badan, jadi agak gemeteran badan saya
Arvi       : Alesan aja nih si bapak. Bilang aja males
Tiba2 Safira datan..
Safira    : Arvi!! (Jdeeeeeeerrrr...). Kamu kasar banget! Bapak emang lagi gak enak badan. Kenapa kamu kayak gitu sih?? Ak gak terima kamu gituin bapak aku!! Aku gak nyangka kamu sekasar itu. KITA PUTUSS!!! (GLUDUK GLUDUK JDEEEEEEEEEERRRR....). Ayo bapak kita pulang aja.
Arvi       : Safira tunggu, maafin aku. Safiii...!! Ahh Tidaaaaaaakkkkk.....

Scene 16
Tiba2 semua berubah, sejak negara api menyerang. Awan berubah menjadi hitam, petir menyambar-nyambar, hujan pun turun dengaaaan...gerimis aja lah, klo deres ntar pada masuk angin.
Tiba-tiba sesosok penyihir kece muncul di hadapan Arvi...
Ayunda : Heyy anak muda, ada pa gerangan? Kenapa kau tampak sedih sekali???
Arvi       : Aku baru saja diputusin pacarku ibu peri.
Ayunda : Aku penyihir. Bukan Ibu peri!
Arvi       : Baiklah, maafkan aku ibu sihir. Aku sangat mencitai pacarku. Apa yang harus aku lakukan agar dia kembali padaku?
Ayunda : Itu adalah hal yang mudah. Serahkan saja padaku. Tapi sebelumnya kau harus mentransfer uang sebesar 100 juta ke ekening saya hahahaha...
Arvi       : bagiku uang adalah urusan gmapang, yang penting Safira kembali padaku
Ayunda : Okelah kalo begitu. (Cling-cling...). Sebarkan bubuk cabai ini di sekitar rumah pacarmu itu. Jangan lupa menyebutkan nama pacarmu saat menaburnya. Oh ya jangan sampai ada orang lain yang melihat ka menaburkannya. Jika Safira menginjak taburan bubuk canai ini atas seizin Tuhan, niscaya Safira akan jatuh cinta setengah mati padamu.
Arvi       : Baiklahibu sihir. akan aku laksanakan perintahmu. Terimakasih.
Tiba-tiba saja sang penyihir menghilang tanpa jejak..

Scene 17
Arvi menabur bubuk cabai di sekitar rumah safira pada malam hari, tanpa ada seorang pn yang melihatnya.

Scene 18
Di pelabuhan, tiba-tiba Safira menghampiri Arvi yang sedang galau beudh
Safira    : Arvi, maafkan aku. Aku sudah marah-marah padamu
Arvi       : (*shock berat sampe mlongo dan Speechless. Dala pikirannya: ampuh banget bubuk cabenya si ibu sihir)
Safira    : kamu kok diem aja? Maafin aku ya?
Arvi      : Gak ada yang perlu dimaafin. Harusnya aku yang minta maaf karena udah bersikap kasar. Maaf ya.
Safira    :*ngangguk
Arvi       : Kita pacaran lagi?
safira    : *mangguk tersipu malu.

Scene 19
Beberapa hri kemudian
Arvi       : Hari ini aku berencana ngenalin kamu ke mami aku. Papi di luar ngeri, jadigak bisa ketemu. Gimana?
Safira    : Boleh aja

Scene 20
Sesampainya di rumah Arvi, ternyata di sana juga ada Pingkan yang sedang ngobrol dengan mami tirinya Arvi.
Arvi       :Eh ada kamu ping, sekalian aku kenalin ke kamu juga deh. Mi, ping, ini pacar aku.                   Namanaya Safira. Rencananya aku pengen nikah ama Safira.
Safira    : Halo tante, pingkan (nyodorin tangan)
Pingkan : (salaman tapi muka jutek abiss)
Anin     : Kata pingkan bapak kamu kuli di pelabuhan? Ibu kamu cuma penjual ikan di TPI?
Safira    : iya tante.
Anin     : Arvi, kamu tu gimana sih? Gadis miskin kayak gini mau dinikahin? gak salah? Pokoknya mami gak setuju!! Beda jauh lah sama pingkan. Dia dari keluarga terpandang, sederajat sama kita!
Safira    : lari pergi sambil nagis
Arvi       : Safiraaa tungguu..!! Mami apaan sih? Yang mau nikah kan aku, terserah aku dong! Kalo gitu mami aja yang nikah sama Pingkan
Pingkan  : kamu kok gitu sih vi. selama ini kamu g pernah menyadari perasaan ku. padahak aku sayang sama kamu dari duluu banget.
Anin     : Kurang apalagi sih pingakan. Dia sahabat kamu dari kecil. Pokoknya mami gak setuju km sama gadis miskin itu!!
Arvi       : tauk ah! mami cuma mami tiri aku, gak ada hak buat nglarang-nglarang aku buat suka sama siapa aja!! (pergiii)
Anin     : Arviii kembali!!! Mami belum selesai ngomong!!! Arvi!!!

Scene 21
Di rumah Safira
Safira    : Nangiss
Inas      : Kamu kenapa nak??
Safira   : Aku dihina-hina bu sama mamanya Arvi gara-gara kita miskin. Aku sakit hati. Tapi aku cinta banget sama Arvi bu huhuuhu
Inas      : Sabar ya..
(berpelukan). Bapaknya Safira hanya mengintip dari pintu kamar Safira

Scene 22
Sudah 9 bulan 10 hari Arvi dimutasikan ke Kenya oleh oleh orang tuanya sejak kejadian di rumah Arvi dan tidak memberi kabar apapun pada Safira. Selama itu pula safira galau tingkat dewa, karena dia masih memikirkan dan mencintai Arvi. Karena efek dari bubuk cabai penyihir masih berfungsi, safira tidak bis move on  dan tetap cinta mati pada Arvi. Safira hidup bagaikan zombi. Hidup segan, mati pun tidak. Kedua orang tua safira sangat sedih melihat anaknya seperti itu.

Scene 23
Hingga pada akhirnya,Safira pergike pelabuhan tempat pertama Safira dan Arvi bertemu
Sabila   : Mbak, sore2 begini mau ngapain di sini? Anak perempuan gak baik mau magrib begini keluyuran di pelabuhan.
Safira    : hanya diam dan bermuka suram sambil teteap menyusuri jalan.
Si ibu-ibu tadi khawatir, sehingga mengikuti safira. Ibu-ibu tadi juga familiar dengan Safira karena ibu itu tahu dulunya safira setiap hari mengantarkan makan siang untuk bapaknya. Lama-lama Safira berjalan menuju dermaga, hingga akirnya dia berhenti di tepi dermaga. Dia melihat laut dengan tatapan kosong, tapi matanya meneteskan air mata. Karena panik, ibu tadi pergi mencari bantuan untuk mencegah Safira bunuh diri. Beberapa saat setelah ibu itu pergi, safira menceburkan dirinya ke dalam air laut. Setelah beberapa saat ibu tadi kembali dengan beberapa orang namun Safira sudah tidak ada.

Scene 24
Di rumah Safira pada malam hari
Inas      : Pak, sudah malam sekali kok Safira belum pulang ya pak. Gak seperti biasanya. Ibu khawatir
Fajar     : Memang tadi Safira bilang mau kemana?
Inas      : Cuama bilang mau keluar sebentar biar gak sumpek. Ibu iyain aja. Eh malah jam segini belum pulang
Fajar     : Kita tanya para tetangga dulu, siapa tau ada yang melihatnya

Scene 25
3 hari kemudian
Inas      : (nangis) Gimana ini pak? sudah 3 hari Safira gak pulang. Padahal kita sudah cari ke mana2
Fajar     : Sabar bu, jangan nangis terus. Mending kita berdoa aja biar Safira cepat ketemu.
Tiba2 ada yang menegetuk pintu (tok..tok..tok..)
Fajar     : (buka pintu) Pak Taufik, ada apa pak malam2 kesini. Masuk dulu pak
Taufik   : Itu pak, anaknya njenengan sudah ditemukan di pelabuhan.
Fajar     : Alhamdulillah..
Inas      : (berlari menghampiri) Benarkah itu pak?
Taufik   : iya bu, tapi maaf Safira ditemukan tak bernyawa dengan mayat yang terapung di laut tepi dermaga.
Fajar     : Innalilahi...
Inas      : (pingsan)

Scene 26
Di kuburan, pemakaman Safira. Namun, Arvi pun tak kunjung datang. Akhirnya, Safira meninggal tidak tenang. Walaupun sudah dikubur, arwahnya tetap bergentayangan dengan bahagia selamanya di pelabuhan. Arwahnya menunggu Arvi datang, namun Arvi tak kunjung datang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar