Selasa, 23 Juli 2013

Gas Station - Tempat Korupsi Kecil-kecilan


Gas Station - Tempat Korupsi Kecil-kecilan

Suatu siang di saat matahari bersinar dengan garang nan panas yang membakar kulit, hati dan jiwa. Saa itu, harga BBM belum naik, aku hendak membeli bensin yang baru-baru ini aku ketahui bahwa nama lainnya adalah premium (emang agak bego dikit sih, udah kuliah baru tahu kalo bensin=premium). Kemudian, dengan menunggang motor merah kesayanganku, Joni, aku menuju Undip Gas Station yang didepan GSG Undip. Keadaan di sana sepi, jadi cuma nunggu satu motor yang ada di depanku. Secara hari libur dan panas banget suasananya, Mungkin orang-orang jadi males bensin saat itu.
*Cring-cring-cring...! Tiba-tiba aku mendapatkan ide cemerlang untuk mengisi penuh tengkinya Joni, karena takut harga BBM naik sewaktu-waktu. Nah feeling aku yang jitu membawa keberuntungan. Malemnya, ada berita kalo pengumuman harga BBM naik diresmiin tengah malem, dan malemnya antrian panjang kendaraan terjadi di setiap SPBU. Inti ceritanya sebenarnya bukan itu. Tapi gini, pas udah jatah Joni mimikin bensin, aku bilang ama mbaknya "full tank deh mbak" terus mbaknya ngisi ampe full. Pas udah full tapi gak full-full banget dan di mesin kotak yang gak jelas yang ada tombolnya itu tertera angka 15.000, mbaknya masih ngeyel mimikin si Joni bensin terus padahal kalo gak salah aku udah bilang "udah mbak". Si embaknya tetep nyemprotin besin ke tangki Joni sampe nominalnya jadi 15.200 ato berapa gitu aku lupa pokoknya gak nyampe nambah 500. Terus aku kasih mbakya fotonya Otto Iskandar Dinata yang warnanya ijo, eh embaknya balikin lagi foto nya Pangeran Antasari 2 lembar. Harusnya kalau di bawah 500 kan di buletin ke atas, bukan ke samping! Aku bingung, tapi mau bilang malu-malu harimau ama mbaknya. Saat itu sih aku mikit itung-itung amal. Kemudian ak tancap gas, menuju kosan fera untuk syuting dan melanjutkan kegiatan.
Di hari yang sama di malam harinya, seorang hamba Allah bernama Kukus memintaku untuk menemaninya beli bensin sebelum harga BBM resmi naik. Di antara milyaran motor lain yang juga ngantri, seperti biasa aku ngobrol-ngobrol penting gak penting sama Kukus hingga waktu tak terasa sudah berlalu dan tiba saatnya Si Beti (motor Kukus) disuntik diisi bensin. Nah, nasib Kukus sama kayak aku. Harusnya Kukus dapet kembalian 500 rupiah lagi.Kira-kira Kukus bilang gini ama mas-mas Pom Bensin "kurang 500 mas". Terus masnya tingak-tinguk gak jelas kayak orang linglung, abis gitu bilang "wah mbak gak ada 500 mbak". Terus aku bilang ama masnya, "Berarti besok kalau belli bensin seliter cuma bayar 6000 aja lho mas". Eh si Masnya cum senyum nggilanisambil bilang "hehe iya mbak". Dasar wuuuu
Buat Pak Polisi yang mencari-cari kesalahan (baca:nilang) para pengendara motor dengan alasan yang aneh-aneh, gak jelas dan kadang-kadang malahngada-ngada, mending tangkep aja tu mbak-mbak POM bensin itu, dia korupsi 800 rupiah. Jangan liat nominalnya, tai tindak korupsinya. Duit sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Duit sejuta, kurang 800 rupiah aja gak jadi sejuta. Jadinya cuma sembilanratusembilanpuluhsembilanribuduaratus-rupiah!
Aku kira kejadian kayak gitu cuma di SPBU situ aja, taunya di SPBU lain juga kayak gitu. Waktu aku dan kukus berhenti di salah satu mini market saat istirahat dalam perjalanan menuju ke Barat (baca:Semarang, saat itu kami berada di Kudus), si Kukus cerita. Singakt ceritanya gini, alkisah Kukus sedang ngisi bensin di salah satu SPBU di Kabupaten Pati. Pokoknya dia abis berapa belas ribu lebihnya 400 berapa gitu lupa. Pokoknya gak nyampe 500 kalo gak salah, soalnya kejadiannya udah lama. Terus Kukus dapat kembalian yang dibuletin ke atas. Sama kan nasibnya kayak dulu di SPBU Undip. Tersu dengan gagah beraninya Kukus ngomong sama bapak-bapak SPBUnya "lah pak kembalian saya kurang seribu" terus Kukus ngasih bapaknya gopek, dan akirnya bapak SPBU ngasih duit 1000 lagi ke Kukus. Kukus emang orangnya gitu, agak gak tau malu. Tapi tindakan terpuji tapi gak tau itu beneran terpuji apa enggak itu patut dicontoh. Kecuali emang yang duitnya banyak banget, smape stress gara-gara bingung mau buang duit kemana lagi. Agak norak sih gara-gara duit gopek. Tapi kalau gak gitu, ntar si SPBU nya semena-mena. 1 motor 500. Sehari berapa juta motor yang ngisi BBM ke SPBU, ha??? Dulu ak mikir kayak gitu itung-itung amal. Tapi namanya ngamal ya ama yang gak mampu, masak ngamal ama yang punya SPBU, dia kan udah kaya ngapain kasih sedekah. Bener gak sih!
Kayak di supermarket ato minimarket juga kayak gitu. Bilangnya gini "mbak kembalian 200nya boleh disumbangin ke PMI" ato gak "kemalian 100nya boleh disumbangin ke UNICEF mbak?". Emang sih su'udzon gak baik, tapi selama ini gak ada bukti konkritnya  kan kalo kumpulan duit kembalian pelanggan disumbangin. Paling enggak foto dokumentasinya dipajang kek gitu. Kalau dulu beda lagi, mbak-mabak kasir mini market bakalan bilang "maaf mbak, kembalian 200 nggak ada, jadi pake permen aja ya mbak". Ya karena aku baik hati dan tidak sombong, aku bilang iya. Kalau sahabat aku yang pemberani dan perkasa (baca: Kukus) beda lagi. Suatu hari dia belanja di salah satu minimarket yang udah terkenal di Indonesia, waktu di kasir dia bayar. Mbak-mbaknya yang sedari tadi berwajah ramah bilang gini "mbak kembaliannya boleh disumbamgin ke PMI??". Kukus langsung jawab dengan juteknya "NGGAK!!". Seketika mbak-mbak kasir mukanya jadi sepet. Sebenernya aku juga pengen nyoba hal ini, tapi aku gak enak ama mbak-mbaknya. Secara si mbak-mbak yang kerja di mini market ini ngekos di rumah mamaku.       Sekian cerita ini, semoga bisa menginspirasi kehidupan kalian. Tapi aku sarankan untuk kalian, cobalah hal-hal yang dilakukan Kukus ini dan amati muka mbak-mbak ato mas-masnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar